7 FILM ANIMASI TERBAIK GARAPAN HAYAO MIYAZAKI



Hayao Miyazaki, siapa yang tidak mengenal salah satu tokoh berpengaruh dalam industri animasi Jepang yang satu ini? Pendiri Studio Ghibli yang telah mencuri perhatian peminat animasi di berbagai penjuru dunia. 

Sutradara, kartunis, dan sang maestro animasi Jepang ini telah melahirkan banyak karya berkualitas. Di bawah naungan produksi studio yang ia dirikan, Hayao Miyazaki menaruh dunia imajinasi yang khas dan dibaluti pesan tersirat.

Tak heran, jika karya-karyanya telah menyentuh kepopuleran yang terbilang sukses. Beberapa dari karyanya juga mendapatkan penghargaan yang semakin menambah kualitas. 

Apa saja karya-karyanya? Simak 7 film animasi terbaik garapan Hayao Miyazaki berikut.


1. Spirited Away 

Spirited Away (Sumber: IMDb)

Spirited Away merupakan film anime garapan Hayao Miyazaki yang mencapai popularitas terbaik sepanjang perjalanan karirnya. Film ini bahkan berhasil meraih penghargaan sebagai Film Animasi Terbaik dalam ajang Academy Awards 2003 (Oscar).

Spirited Away menceritakan tentang seorang gadis 10 tahun bernama Chihiro Ogino yang memasuki dunia misterius saat dalam perjalanan pindah ke lingkungan baru bersama keluarganya. 

Ia mendapati orang tuanya yang berubah menjadi babi rakus setelah memakan makanan warung yang tak dijaga. Dibantu oleh Kamaji, seorang anak laki-laki yang ingin menolongnya, ia harus bekerja di pemandian para roh untuk membebaskan orang tuanya dan kembali ke dunia manusia.


2. Howl’s Moving Castle

Howl's Moving Castle (Sumber:IMDb)

Film yang satu ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh penulis asal Inggris, Diana Wynne Jones. Film ini diproduksi dengan alur yang berbeda, tetapi tetap berfokus pada petualangan Sophie selama dikutuk menjadi nenek tua oleh Penyihir Sampah.

Sophie bertemu dengan Howl. Ia menawarkan diri sebagai pembersih kastil milik Howl sembari mencari cara menghilangkan kutukan. Seiring berjalannya waktu, hubungan Sophie dan Howl semakin dekat. Sedikit demi sedikit, Sophie mengetahui rahasia tentang Howl.  

Film luar biasa garapan Hayao Miyazaki ini pernah ditampilkan di Festival Film Venesia pada 5 September 2004. Film ini juga masuk ke dalam nominasi Film Animasi Terbaik pada Academy Awards ke-78 tahun 2006.


3. Princess Mononoke

Princess Mononoke (Sumber: IMDb)

Film ini berlatar belakang sejarah Jepang pada tahun 1338 – 1573, yaitu pada zaman Muromachi atau zaman Keshogunan Ashikaga. Mononoke sendiri merupakan istilah umum untuk roh atau raksasa dalam bahasa Jepang. 

Film ini mengisahkan tentang perjalanan Ashitaka, seorang pemuda dari desa Emishi, yang ingin mencari obat di tanah barat untuk menyembuhkan penyakitnya akibat dari kutukan iblis yang ia dapat setelah menyelamatkan desanya.

Dalam perjalanan ke tanah barat, Ashitaka bertemu dengan San, seorang gadis yang dibesarkan oleh serigala. Namun, siapa sangka ia malah terjebak dalam pertempuran antara roh alam dan manusia yang berusaha memburu Roh Hutan Agung, yang tidak disangka adalah roh inti dari semua hutan. 

Film ini merupakan film pertama Hayao Miyazaki yang berhasil mendapatkan penghargaan sebagai film terbaik di Penghargaan Akademi Jepang Tahunan pada tahun 1997. 


4. My Neighbor Totoro

My Neighbor Totoro (Sumber: IMDb)

Film My Neighbor Totoro berhasil meraih Penghargaan Kinema Junpo sebagai Film Terbaik tahun 1988. Konon katanya, film ini terinspirasi dari sebuah film fantasi berjudul “Alice In Wonderland” karena plot ceritanya yang hampir mirip. 

Film ini mengisahkan tentang dua anak perempuan bersaudara bernama Kusakabe Satsuki dan Kusakabe Mei yang baru pindah ke sebuah desa kecil bernama Showa. 

Selama berada di desa itu, keduanya bertemu dengan Totoro, roh dari hutan yang dekat dengan rumah baru mereka. Pertemuan dengan Totoro membawa mereka berpetualang bersama beberapa roh hutan lainnya.


5. Nausicaä of the Valley of the Wind

Nausicaä Of The Valley (Sumber: IMDb)

Film ini merupakan film pertama yang diproduksi oleh Studio Ghibli. Dirilis pada 11 Maret 1984 dengan durasi film 116 menit. Film ini meraih kesuksesannya dengan pendapatan box office sebesar 14, 4 juta USD.

Film pendongkrak studio ternama Jepang ini mengisahkan tentang seorang putri dari Lembah Angin bernama Nausicaa yang terlibat dalam pertempuran melawan kerajaan Tolkemia. Mereka mencoba membasmi serangga mutan raksasa, yang menjadi penyebab rusaknya alam dan udara, dengan membangkitkan senjata kuno yang mematikan. 

Bersama dengan penduduk Lembah Angin, Nausicaa melawan utusan kerajaan Tolkemia dengan berbekal keyakinan bahwa serangga mutan bukan musuh. Keberadaan mereka justru melindungi hutan dan alam.  


6. Castle In The Sky

Castle In The Sky (Sumber: Ghibli Wiki-Fandom)

Film animasi ini berhasil mendapat hadiah Animage Anime Grand Prix pada tahun 1986. Cerita dalam film ini diambil dari legenda dalam Alkitab agama Hindu yang menunjukkan adanya dunia kahyangan dan bumi. 

Film ini mengisahkan tentang seorang laki-laki muda bernama Pazu yang  menemukan seorang gadis muda bernama Sheeta yang sedang jatuh melayang dari langit dengan liontin bercahaya di lehernya. Tak disangka Sheeta sedang melarikan dari kejaran perampok yang berniat mencuri kalung permata wasiat keluarganya. 

Di tengah kejaran para perampok, mereka jatuh di sebuah pertambangan terlantar. Di sana mereka bertemu fakta mengejutkan bahwa kalung milik Sheeta terbuat dari kristal yang berhubungan dengan pulau Laputa, sebuah pulau melayang yang telah menjadi legenda.


7. The Boy and The Heron

The Boy and The Heron (Sumber: Otaku Mobileague)

Setelah beberapa tahun menyatakan vakum dari dunia industri animasi, Hayao Miyazaki kembali hadir dengan karya terbarunya berjudul Kimitachi wa Dō Ikiru ka  atau The Boy and The Heron. Film ini baru dirilis pada 14 Juli 2023. 

Film ini menceritakan tentang Mahito Maki, seorang anak laki-laki yang kehilangan ibunya dalam kebakaran rumah dan terpaksa pindah tinggal bersama ayahnya yang menikah lagi dengan bibinya sendiri. 

Mahito yang masih berada dalam keadaan sedih, mendapat teror dari seekor burung cangak yang mengatakan bahwa ibunya masih hidup. Bisikan burung itu membuatnya percaya. Ia pun diajak berpetualang mencari keberadaan ibunya menuju dimensi yang berbeda-beda.


Itulah 7 rekomendasi film garapan Hayao Miyazaki yang patut kamu tonton untuk menemani waktu luangmu. Film-film animasi ini tidak hanya sekadar sinema yang menyuguhkan visual yang apik dan khas, tetapi juga memiliki pesan sangat bermakna bagi kehidupan. Enjoy it!



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama